Acara diawali dengan pembukaan oleh Ibnu Rasyid Hamidi selaku MC yang bertugas. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Tax Center Institut Agama Islam Tazkia Ibu Tutut Adiningsih, M.Si. dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Program Studi Akuntansi Syariah Bapak Grandis Imama Hendra, M.Sc. (Acc.). Bapak Grandis dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kanwil DJP Jabar III atas kesempatan yang diberikan untuk Institut Agama Islam Tazkia mengikuti kegiatan relawan pajak 2021, serta berharap semoga kegiatan relawan pajak ini dapat berjalan dengan lancar.

Setelah itu kegiatan diisi oleh Kanwil DJP Jabar III, Kanwil DJP Jabar III memberikan pre-test selama 15 menit untuk menguji pemahaman tentang pajak para relawan. Setelah itu pemaparan materi terkait pelaporan pajak yang akan dilakukan para relawan nanti saat bertugas, yaitu penyampaian materi terkait pengisian SPT 1770, SPT 1770 S, dan SPT 1770 SS serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaporan pajak yaitu E-fin dan penggunaan web E-filling. Dan terakhir sesi Kanwil ditutup dengan post-test.

Diakhir kegiatan dilakukan pelantikan relawan pajak 2021 yang dilakukan oleh Kepala Program Studi Akuntansi Syariah Bapak Grandis Imama Hendra, M.Sc. (Acc.). Bapak Grandis berharap mahasiswa/i relawan dapat dengan ikhlas menjalankan kegiatan ini dan dapat menjalankan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya. Dan dengan mengucapkan “Bismillahirahmanirahim” maka kegiatan Relawan Pajak Tazkia 2021 resmi dibuka.

Dan kemudian kegiatan Sosialisasi Relawan Pajak dengan Kanwil DJP Jabar III  ditutup dengan doa oleh Kepala Program Studi Akuntansi Syariah Bapak Grandis Imama Hendra, M.Sc. (Acc.).