Proses submit reakreditasi sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 26 Maret 2019. Namun dikarenakan ada perubahan sistem rekareditasi dari 7 standar menjadi 9 standar. Banyak program studi lain yang mengajukan reakreditasi serupa, kemudian ditahun 2020 pandemi corona juga menjadi isu lainnya sehingga proses akreditasi ini bru bisa dilaksanakan diawal tahun 2021.

Proses reakreditasi kali ini sangat kental dengan nuansa Jogja, karena kedua asesor sama-sama berasal dari Provinsi yang dikenal.sebagai kota pelajar. Prof Syafiq M Hanafi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ditunjuk sebagai asesor 1 dan Prof Mamduh M Hanafi dari Universitas Gajah Mada ditunjuk sebagai Asesor ke 2. Sedangkan tim Akreditasi Magister Ekonomi Syariah dipimpin oleh Dr. Achmad Firdaus. M.Si.

Hari pertama proses akreditasi meliputi pengecekan Borang 3A oleh asesor 1 dan Borang 3B oleh asesor 2. Secara umum proses akreditasi ini selain pengecekan kesesuain borang dengan data yang ada, ada perubaham TS dri 2019 saat diajukan pertama kali.menjadi TS 2020 saat proses visitasi dilaksanakan. Perubahan mencakup jumlah mahasiswa, lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hari kedua visitasi diisi dengan kegiatan wawancara kepada dosen, mahasiswa, alumni, tendik.dan pengguna lulusan. Alhamdulillah dengan antusiasme dan dukungan dari semua stakeholder proses wawancara berjalan lancar.

Berdasarakan hasil wawancara Prof Syafiq selaku asesor 1, ketika ditanya kenapa mereka memilih tazkia? Karena memang kampus terbaik dibidang ekonomi syariah yang mereka ketahui adalah Tazkia. “Artinya brand ekonomi syariah sudah melekat di Tazkia” tambah beliau.

Proses akreditasi ditutup dengan.doa oleh Ayahanda Dr. Syafii Antonio, M.Ec selain berdoa.untuk.keberkahan program stud Magister Ekonomi Syariah, keluarga tazkia.juga.turut mendoakan almarhum Dr. Mukhamad Yasid, M.Si yang merupakan mantan direktur pascasarjana IAI Tazkia dan salah satu pendiri.Tazkia.

By: Maulana Hamzah