Bogor merupakan kota yang ramai dijuluki dengan kota hujan. Istilah kota hujan tersematkan dimasyarakat karena kota ini memiliki intensitas curah hujan yang sangat tinggi. Pada dasarnya Bogor tetap memiliki dua musim, yaitu kemarau dan hujan seperti kota/kabupaten lainnya, namun  sebagai masyarakat yang tinggal di Bogor, mereka akan merasakan hujan yang tiada hentinya bankan sampai seharian penuh hujannya.

Cuaca yang tergolong dingin di Bogor menjadikan ketertarikan tersendiri bagi masyarakat untuk bisa berkesempatan tinggal, bekerja, atau belajar di kota ini karena hawa dan udara yang cukup sejuk serta menjanjikan untuk ditinggali. Hal tersebut yang menjadikan alasan banyaknya minat calon mahasiswa di Indonesia yang ingin berbondong-bondong untuk berkesempatan belajar di Bogor sebagai tempat ideal untuk menimba ilmu. Namun permasalahan yang sering muncul bagi calon mahasiswa adalah minimnya informasi dan referensi kampus terbaik apa saja yang terdapat di kota ini.

Banyaknya perguruan tinggi ternama yang bertebaran di kota maupun kabupaten Bogor. Ada sekitar 63 perguruan tinggi yang siap menampung para mahasiswa yang ingin belajar di Bogor. Dari banyaknya universitas di Bogor tersebut, ada beberapa universitas yang namanya sudah termashur karena kualitas pendidikannya. Pada kesempatan kal ini mimin akan mengulas 10 universitas di Bogor, dari universitas negeri hingga swasta ternama. Adapun nama-nama universitas tersebut antara lain:

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor merupakan universitas negeri yang berdiri tahun 1963, perguruan tinggi ini awalnya merupakan sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia, kini memiliki 11 fakultas, termasuk sekolah bisnis, dan satu pascasarjana. Kampus ini juga menjadi perguruan tinggi yang paling banyak melakukan inovasi, berdasarkan penilaian dari Business Innovation Center, Kemristek RI. IPB memiliki lima kampus, yaitu Kampus Dramaga tempat rektorat dan pusat kegiatan belajar, Kampus Baranangsiang pusat penelitian, Kampus Gunung Gede pusat pendidikan bisnis, Kampus Cilibende dan Kampus Taman Kencana.

2. Institut Agama Islam Tazkia

Institut Tazkia lahir karena krisis ekonomi 1997-1998, di mana industri perbankan nasional banyak yang runtuh. Namun sistem ekonomi syariah mampu bertahan melewati krisis. Maka terbentuklah perguruan tinggi ini pada tahun 2000 untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang ekonomi syariah.

Perguruan tinggi Islam swasta ini dijuluki sebagai pelopor bisnis digital syariah yang saat ini menjadi banyak incaran banyak calon mahasiswa karena kualitasnya yang sudah diakui di dunia pendidikan, terutama untuk bidang ekonomi syariah. Institut Tazkia bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai Centre of Excellent Kampus Ekonomi Syariah dari Kementerian Agama.

Perguruan tinggi swasta ini memiliki dua Fakultas dan 8 program studi unggulan yang meliputi S1-Pendidikan Ekonomi Syariah, S1-Komunikasi Pernyiaran Islam, S1-Ekonomi Syariah, S1 Hukum Bisnis Syariah, S1-Manajemen Bisnis Syariah, S1-Akuntansi Syariah, S2-Magister Ekonomi Syariah, dan S2-Magister Akuntasi Syariah.

Kampus Tazkia berlokasi di tiga tempat, untuk kampus utama (kampus alif) beralamatdi  Jl. Ir. H. Djuanda no. 78, Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Kampus yang kedua yaitu kampus matrikulasi yang beralamat di Jl. Raya Dramaga No.4, RT.03/RW.03, Margajaya, Bogor Barat, Kota Bogor. Kemudian kampus yang ketiga berlokasi di Cilember sebagai kampus matrikulasi mahasiswa putra.

3. Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. 

Sesuai dengan namanya, Universitas Terbuka (UT), perguruan tinggi negeri ini terbuka bagi siapa saja yang mau menempuh pendidikan tinggi atau meraih gelar sarjana. Tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi ujian. Syaratnya hanya satu, harus lulus SMA atau yang sederajat. Universitas Terbuka Bogor berlokasi do Jl Sholeh Iskandar no. 234, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

4. Universitas Nusa Bangsa

Universitas swasta di Bogor ini usianya cukup matang, berdiri pada tahun 1987 dengan hanya memiliki 4 fakultas dan 8 jurusan, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA). Universitas ini beralamat: Jl. KH Sholeh Iskandar KM4, Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

5. Universitas Pertahanan Indonesia

Universitas ini sangat menarik karena khusus mengajarkan studi pertahanan, baik pada jenjang diploma III (D3), sarjana (S1), magister (S2), maupun doktoral (S3). Memang, universitas yang berdiri tahun 2009 ini secara fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan. Terdapat 9 fakultas dengan 1 program doktoral, 17 program magister, 10 program studi sarjana, dan 7 program diploma di universitas ini. Kampus ini berlokasi di kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

6. Universitas Ibn Khaldun

Universitas yang didirikan oleh para tokoh ulama Bogor ini merupakan kampus Islam tertua di Bogor. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1961 di bawah naungan Yayasan Ibn Khaldun Bogor. Saat ini Universitas Ibn Khaldun memiliki 6 (enam) fakultas dan 1 (satu) sekolah pascasarjana dengan 23 program studi. Kampis ini beralamat di Jl. Sholeh Iskandar, Kedungbadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

7. Universitas Djuanda

Universitas di Bogor ini merupakan universitas swasta yang berdiri pada tahun 1987. Universitas Djuanda atau kerap disebut Unida, saat ini ada 7 fakultas dan 16 program studi serta program pascasarjana. Kampus ini berlokasi di Jl. Tol Jagorawi no 1, Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

8. Sekolah Tinggi Intelejen Negara

Perguruan tinggi negeri ini merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan hanya ada satu-satunya di Bogor. Lulusannya akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di BSSN atau instansi pemerintah lain, baik pusat maupun daerah. Tersedia tiga program studi setara diploma IV (D4), yaitu rekayasan keamanan siber, rekayasa perangkat keras kriptografi, dan rekayasa kriptografi. Kampus ini beralamat di Jl. Raya H. Usa, Putut Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

9. Politeknik Siber Dan Sandi Negara

Perguruan tinggi negeri ini merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan hanya ada satu-satunya di Bogor. Lulusannya akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di BSSN atau instansi pemerintah lain, baik pusat maupun daerah. Tersedia tiga program studi setara diploma IV (D4), yaitu rekayasan keamanan siber, rekayasa perangkat keras kriptografi, dan rekayasa kriptografi. Kampus ini beralamat di Jl. Raya H. Usa, Putut Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

10. Universitas Pakuan

Inilah salah satu universitas swasta di Bogor yang sudah berdiri cukup lama, yaitu tahun 1980. Universitas ini merupakan kelanjutan dari Universitas Bogor yang sebelumnya telah berdiri selama dua dekade. Ikut melebur perguruan tinggi swasta lain, seperti Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akademi Bahasa Asing, dan lain-lain. Kampus ini beralamat di Jl Pakuan, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

10 Universitas negeri dan swasta di Bogor diatas merupakan kampus ternama yang menjadi bidikan para calon mahasiswa serta bisa dijadikan referensi bagi kalian calon mahasiswa yang sedang mencari kampus idaman untuk melanjutkan studi.