Seth Godin merupakan seorang penulis, penceramah, dan pemberi motivasi yang dikenal karena pandangannya tentang pemasaran, inovasi, dan kesuksesan. Seth Godin yang kerap disebut sebagai ahli pemasaran yang jenius, dia tak pernah pupus dari ide kehidupan dan karier. Menurut Godin sukses itu harus mengacu pada tiga hal penting yang dirangkum dengan istilah segitiga kesuksesan yang meliputi skill, attitude, dan knowledge. Ketiga hal tersebut menurut Godin akan menjadi pijakan yang ideal apabila seseorang ingin menjadi sukses. Adapun ulasannya sebagai berikut:

1. Skill

Keterampilan (skill) memainkan peran krusial dalam memperoleh kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam karier, pendidikan, hubungan sosial, maupun pengembangan pribadi. Investasi waktu dan usaha dalam mengembangkan keterampilan yang relevan dan beragam akan membantu kalian mencapai tujuan dan potensi pribadi yang lebih besar. Keterampilan yang baik membuka pintu peluang yang lebih luas. Dengan memiliki keterampilan yang relevan dengan bidang tertentu, kalian akan lebih mungkin mendapatkan pekerjaan, proyek, atau kesempatan lain yang dapat mengarah pada kesuksesan. Menurut Godin terdapat beberapa keterampilan yang bisa dikembangkan yaitu keterampilan interpersonal, komunikasi, manajemen waktu, goal setting, dan problem solving. Beberapa keterampilan tersebut menurut Godin akan sangat menunjang sebuah kesuksesan.

2. Attitude

Sikap (attitude) yang baik memiliki dampak besar terhadap kemampuan seseorang untuk meraih kesuksesan. Sikap mencerminkan cara kalian mendekati kehidupan, bekerja dengan orang lain, menghadapi tantangan, dan mengejar tujuan. Memiliki sikap yang baik adalah faktor kunci. kalian mungkin tidak selalu bisa mengontrol situasi atau lingkungan, tetapi kalian memiliki kendali penuh atas bagaimana kalian meresponsnya. Dengan sikap positif dan konstruktif, kalian akan meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan dan meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Godin mengulas terdapat beberapa sikap yang bisa dikembangkan agar mudah meraih kesuksesan, yaitu meliputi integritas, optimis, kooperatif, percaya diri, berkomitmen, jujur, dan self motivation.

3. Knowledge

Pengetahuan adalah aset berharga yang membentuk dasar bagi kemajuan dan kesuksesan. Selalu berusaha untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan kalian sesuai dengan minat dan tujuan. Pengetahuan yang baik memainkan peran sentral dalam meraih kesuksesan. Pengetahuan mencakup pemahaman tentang fakta, konsep, teori, dan keterampilan yang relevan dengan bidang atau tujuan tertentu. Pengetahuan yang baik memberikan dasar yang kuat untuk mengambil keputusan yang informasional dan terinformasi. Ketika kalian memiliki pengetahuan yang cukup tentang suatu topik, kalian cenderung membuat keputusan yang lebih baik dan berorientasi pada hasil yang positif. Godin mengulas pengetahuan sebagai bagian yang penting, dalam pandangannya dia memaparkan dua pengalaman yang bisa dikembangkan yaitu Tacit Knowledge (pengalaman) dan Explicit Knowledge (Teori atau deskripsi). Keberimbangan antara pengetahuan pengalaman dan konsep-konsep yang matang akan memberikan anda kemudahan untuk meraih hidup yang lebih sukses.