Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) adalah suatu acara atau program yang biasanya diadakan oleh perguruan tinggi atau universitas untuk menyambut mahasiswa baru yang baru saja bergabung dengan institusi tersebut. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus, mengenal lebih jauh tentang kehidupan kampus, dan memberikan informasi serta pelatihan yang relevan untuk memulai perjalanan studi mereka. OSPEK adalah momen penting bagi mahasiswa baru karena selain memberikan informasi yang diperlukan untuk memulai studi mereka, acara ini juga memberikan kesempatan untuk menjalin persahabatan dan menciptakan lingkungan sosial yang nyaman. Dengan ikut serta dalam OSPEK, mahasiswa baru diharapkan dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus baru dan merasa lebih siap untuk memulai perjalanan akademik mereka.

Sebelum mengikuti kegiatan OSPEK, tentunya perlu persiapan dan beberapa tips yang harus dipersiapkan, antara lain:

1. Mempersiapkan Semua Kebutuhan

Dalam kegiatan OSPEK biasanya para panitia akan memberikan informasi perihal perlengkapan atau beberapa atribut yang harus dipersiapkan selama mengikuti kegiatan OSPEK. Misalnya membuat beberapa perlengkapan seperti papan mana, warna sepatu, pakaian yang harus dipakai, dll. Jadi sebagai mahasiswa baru harus membuat list-list kebutuhan agar mampu mempersiapkan dengan baik dan kegiatan OSPEK dapat diikuti dengan lancar.

2. Datang On-Time

Pelaksanaan OSPEK selalu menekankan kedisiplinan pada mahasiswa baru agar terbiasa dengan budaya kampus yang harus tertib dan disiplin. Maka dari itu ketika pelaksanaannya, kalian diharapkan datang tepat waktu atau sebelum pelaksanaan dimulai agar tidak menjadi pusat perhatian dan dihukum oleh panitia.

3. Mengerjakan Tugas Dengan Baik

Menjadi peserta OSPEK adalah proses belajar dengan lingkungan baru yang tentunya kalian akan diuji kesiapannya sebagai mahasiswa sehingga oleh panitia akan banyak tugas yang didapatkan. Tugas yang diberikan tentunya harus dikerjakan sebaik mungkin agar mendapatkan penialaian yang baik dari panitia.

4. Jadilah Terbuka dan Ramah

Sambutlah teman sebaya, senior, dan staf dengan sikap terbuka dan ramah. Buka diri untuk berkenalan dengan orang-orang baru, karena OSPEK adalah kesempatan untuk membangun hubungan sosial yang positif.

5. Jadilah Aktif dan Terlibat

Manfaatkan kesempatan dalam OSPEK untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Terlibatlah dalam kegiatan sosial, akademik, atau ekstrakurikuler yang ditawarkan. Hal ini akan membantu kalian beradaptasi lebih cepat dan memperluas lingkaran sosial.

6. Jangan Takut Bertanya

Jika kalian memiliki pertanyaan atau kebingungan tentang apa pun selama OSPEK, jangan ragu untuk bertanya kepada panitia atau mahasiswa senior. Mereka akan senang membantu kalian.

7. Jangan bawa perasaan

Ospek adalah sebuah kegiatan yang harus kalian lewati sebelum resmi menjalani masa perkuliahan. Kalian mungkin akan mendengar omelan atau teriakan dari senior yang galak. Tapi, itu semua nggak perlu dibawa perasaan, ya. Para senior dan panitia ospek, melakukan itu semua hanya karena tugas dan tuntutan peran aja, kok. Mereka tidak benar-benar berniat marah-marah ke kalian. Jadi nikmati saja prosesnya.