Bagi kalian calon mahasiswa tentunya akan merasakan yang namanya kegiatan OSPEK ketika awal perkuliahan nantinya. OSPEK merupakan kepanjangan dari orientasi studi dan pengenalan kampus. Pengistilahan OSPEK merupakan istilah lama yang digunakan dikalangan universitas. Setiap universitas terkadang memiliki istilah yang berbeda-beda. Namun kebanyakan masyarakat mengenal orientasi kampus dengan istilah OSPEK untuk penyebutannya. Pada dasarnya ospek digunakan sebagai pengenalan baru bagi mahasiswa baru di kampus. Kegiatan orientasi ini bisanya dilakukan ketika tahun ajaran baru yang mana biasanya kegiatannya mengumpulkan semua mahasiswa baru untuk mengetahui dan mencermati sosialisasi kehidupan sebagai mahasiswa di kampus untuk memberikan gambaran singkat bagaimana budaya di lingkungan universitas.

Untuk kegiatan ospek sendiri biasanya berupa pengenalan kampus berupa budaya kampus, program-program kampus, fasilitas kampus, pengenalan organisasi intra/ekstra kampus, serta pengenalan pimpinan struktural universitas, fakultas, dan program studi. Pelaksanaan OSPEK pada masing-masing kampus sangatlah berbeda-beda, namun kebanyakan di kampus terdapat tiga jenis OSPEK yang harus diikuti oleh mahasiswa baru, yaitu OSPEK Universitas, OSPEK Fakultas dan OSPEK Jurusan/Program Studi. Waktu pelaksanaan OSPEK biasanya tergantung regulasi kampus, namun pada umumnya pelaksanaan OSPEK selama seminggu sampai dua minggu saja. Terkadang juga ada jurusan tertentu yang menerapkan regulasi OSPEK selama satu semester.

Hampir semua kempus melaksanakan kegaiatan OSPEK pada awal tahun ajaran baru. Lantas bagaimana dengan kelas karyawan, apakah ada kegiatan ospek pada kelas karyawan? Kelas karyawan merupakan kelas yang dirancang untuk orang-orang yang bekerja sambil kuliah, mungkin tidak memiliki OSPEK yang sama seperti mahasiswa reguler karena mereka biasanya sudah berpengalaman dalam dunia kerja dan memiliki kewajiban pekerjaan. Namun, beberapa perguruan tinggi tetap menyelenggarakan acara pengenalan mahasiswa baru (OSPEK) di kelas karyawan. Meskipun para mahasiswa baru merupakan mahasiswa yang sudah bekerja, namun pihak kampus memiliki tujuan yang baik yaitu untuk memberikan informasi penting tentang kurikulum, program studi, mata kuliah, dan peluang akademik. Selain itu, pelaksanaan OSPEK bagi kelas karyawan juga dapat menjadi kesempatan untuk memperkenalkan nilai-nilai dan budaya yang dimiliki oleh kampus.