Namun, bukan hanya mengharapkan keuntungan yang tinggi saja, tidak sedikit orang yang lupa bahwa nilai-nilai keberkahan juga seharusnya menjadi bagian dari setiap langkah kita berinvestasi. Dalam islam, Rasulullah SAW memberikan pedoman-pedoman berharga yang tidak hanya berkaitan dengan keuntungan materi saja, namun juga mencapai keberkahannya. Dengan mengikuti pedoman Rasulullah SAW, kita akan mempelajari bagaimana cara mengelola harta dan berinvestasi dengan bijak dan sesuai dengan syariat islam. Artikel ini akan menjelaskan beberapa tips investasi yang sukses dan penuh berkah ala Rasulullah SAW.

Tips Investasi Ala Rasulullah SAW

1. Menyewakan Lahan dan Properti Jenis investasi pertama yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ialah menyewakan lahan yang dimilikinya kepada kaum Yahudi dengan menggunakan sistem bagi hasil. Dijelaskan dalam hadist HR Bukhori dan Muslim, Rasulullah SAW menyerahkan kebun kurma dan ladang daerah Khaibar kepada kaum Yahudi dengan perjanjian bagi hasil setengah dari hasil panennya yaitu 50:50. Dengan demikian, Rasulullah mendapatkan keuntungan tanpa adanya unsur riba di dalamnya yang mana tidak sesuai dengan syariat islam. Sistem bagi hasil ini disebut juga dengan mudharabah, yaitu bentuk kerja sama antara dua atau lebih pihak suatu perjanjian pembagian keuntungan. Jadi, jika kamu memiliki lahan ataupun properti seperti ruko, rumah, mobil, bisa ikuti cara Rasulullah SAW dengan menyewakannya agar bisa mendapatkan keuntungan.

2. Investasi Emas Tips Investasi selanjurnya ialah dengan investasikan emas. Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang pernah dipilih oleh Rasulullah. Sebab, emas merupakakan alat tukar yang berharga dan relative tahan terhadap inflasi. Emas memiliki nilai jual dan belinya yang tergolong tinggi, jadi investasi emas bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan jejak Rasulullah. Namun, jika ingin memiliki keuntungan yang maksimal, kamu harus menginvestasikan emas dalam dalam waktu jangka panjang ya!

3. Investasi Hewan Ternak Instrumen investasi selanjutnya yang digunakan Rasulullah SAW yaitu hewan ternak. Rasulullah dahulu merupakan seorang penggembala kambing dan unta. Dengan berternak, asset Rasulullah semakin bertambah dan bernilai. Maka dari itu, kita bisa mencontoh Rasulullah dengan berternak hewan sebagai salah satu bentuk investasi. Sapi, ayam, bebek, dan kambing merupakan beberapa hewan yang sangat digandrungi di Indonesia, maka hewan hewan tersebut dapat menjadi pilihan yang pas dan cocok bagi kamu jika kamu ingin beternak sebagai salah satu bentuk investasi seperti Rasulullah SAW. Namun, sebagai umat muslim kita harus merawat hewan ternak itu dengan baik dan jangan sampai menyiksanya.

4. Deposito Syariah Deposito Syariah bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang kamu pilih. Pilih deposito yang dikelola bank syariah agar sesuai dengan syariat islam yang berlaku. Sistem keuntungan dari deposito syariah bukan dari bunga, melainkan dari sistem bagi hasil, jadi tidak mengandung unsur riba.

5. Bersedekah Bersedekah merupakan jenis investasi ala Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan. Dengan menyedekahkan harta yang kita miliki dengan hati yang Ikhlas, Allah akan melipatgandakan rezekinya dengan jumlah yang tidak terduga. Dan kita sebagai umat muslim, sedekah juga merupakan salah satu bentuk investasi akhirat. Dengan bersedekah, kita dapat membantu orang lain yang membutuhkan dan mendapatkan balasan di dunia dan di akhirat.

Jadi, sebagai umat muslim, dalam berinvestasi kita bukan hanya mementingkan aspek keuntungan duniawi saja, namun kita juga harus memperhatikan prinsip-prinsip islam dan mengikuti jejak Rasulullah SAW agar mencapai keberhasilan dan penuh dengan keberkahan dari Allah SWT. Dengan niat yang jelas dan tulus sesuai dengan syariat, InshaAllah Allah SWT akan memudahkan rezeki datang kepada kita.