Lulus pada jenjang SMA/SMK merupakan hal penting yang membanggakan bagi semua orang. Menyelesaikan studi pada fase ini adalah pencapaian luar biasa sepanjang hidup bagi siswa. Setelah menyelesaikan proses belajar selama tiga tahun tentunya banyak sekali pengalaman dan perubahan yang telah didapat selama di jenjang SMA/SMK ini. Lulus dari sekolah menengah baik SMA/SMK sederajat akan banyak sekali tantangan dan pilihan untuk meniti karir selanjutnya guna membangun impian untuk menjadi orang sukses di masa depan. Banyaknya pilihan setelah lulus terkadang memberikan kebingungan bagi siswa untuk menentukan pilihan terbaik sesuai dengan keinginan dan tujuannya. Berikut beberapa rencana jitu yang bisa siswa pertimbangkan setelah lulus SMA/SMK Sederajat:

1. Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi

Salah satu pilihan paling umum setelah lulus SMA/SMK adalah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas. Akan banyak sekali peluang bagi kalian untuk memilih kampus sebagai tempat melanjutkan pendidikan baik kampus negeri atau swasta. Hal yang harus dipertimbangkan jika inngin melanjutkan studi di kampus adalah menentukan jurusan sesuai dengan bakat dan minat kalian. Lakukan riset tentang jurusan yang tersedia, persyaratan masuk, dan prospek karir yang mungkin terkait dengan jurusan tersebut.

2. Kuliah Sambil Bekerja

Pilihan jitu yang kebanyakan para lulusan SMA/SMK lakukan adalah memilih kuliah kelas karyawan sambil bekerja. Banyak mereka yang memiliki keinginan untuk bekerja guna mencukupi ekonomi keluarga, namun disisi lain mereka juga ingin melanjutkan pendidikannya. Salah satu solusinya yaitu kuliah sambil kerja di kampus swasta terbaik di sekeliling kalian. Kuliah kelas karyawan memberikan kebebasan dan kemudahan bagi mahasiswanya dengan memberikan waktu dan metode kuliah yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan mahasiswanya yang juga bekerja.

3. Magang atau Bekerja

Magang atau bekerja setelah lulus SMA adalah pilihan yang banyak diambil oleh para siswa. Jika kalian ingin langsung memasuki dunia kerja, pertimbangkan untuk mencari pengalaman magang atau bekerja. Hal ini akan memberi kalian pengalaman langsung dalam dunia kerja dan membantu membangun keterampilan yang relevan dengan karir yang kalian minati. Bagi kalian yang barusan lulus SMA/SMK Sederajat, jika anda ingin cepat bekerja setelah lulus, cari pengalaman sebanyak mungkin di perusahaan atau tempat kerja serta hindari untuk pilih-pilih perusahaan karena kebanyakan mereka yang menganggur terlalu pilih-pilih tempat kerja sehingga lama mendapatkan pekerjaan.

4. Kursus atau Pelatihan Tambahan

Jika kalian memiliki minat khusus atau ingin memperdalam keterampilan tertentu, maka kalian dapat mempertimbangkan untuk mengikuti kursus atau pelatihan tambahan. Selain itu kalian juga bisa langsung mengunjungi Balai Laithan Kerja (BLK) di kabupaten/kota kalian masing-masing karena BKL pasti menyediakan beberapa pelatihan kejuruan di bawah naungan pemerintah yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan kalian.  Misalnya, jika kalian tertarik dalam bidang desain grafis, kalian dapat mengambil kursus desain grafis online atau menghadiri workshop atau ikut pelatihan yang relevan. Ini akan membantu meningkatkan keterampilan kalian dan membuat kalian lebih kompetitif di pasar kerja.

5. Memulai Usaha Sendiri

Bagi kalian yang memiliki semangat kewirausahaan, kalian dapat mempertimbangkan untuk memulai usaha sendiri setelah lulus SMA/SMK. Lakukan riset tentang ide usaha yang menarik, buat rencana bisnis, dan cari sumber daya yang dapat membantu kalian memulai. Ini akan membutuhkan kerja keras, ketekunan, dan kemauan untuk belajar, tetapi dapat memberikan kebebasan dan peluang yang besar.

Yang terpenting, luangkan waktu untuk merenungkan minat, nilai-nilai, dan tujuan kalian secara pribadi. Bicarakan dengan orang tua, guru, atau penasihat karir untuk mendapatkan saran dan panduan tambahan. Ingatlah bahwa rencana jitu setelah lulus SMA/SMK dapat bervariasi untuk setiap individu, dan yang terbaik adalah memilih jalan yang sesuai dengan keinginan dan ambisi kalian sendiri.