1.  Ketidak Sabaran : 

   - Awalan mahasiswa yang belajar coding merasa frustrasi atau kehilangan minat jika tidak melihat hasil yang cepat. Belajar pemrograman membutuhkan waktu dan kesabaran.

 

2.  Tidak Memprioritaskan Dasar : 

   - Mahasiswa yang Terlalu bergantung pada teknologi atau framework baru dan tidak memahami dasar-dasar pemrograman dapat menjadi hambatan dalam pengembangan keterampilan untuk membaca codingan.

 

3.  Menghindari Kesulitan : 

   - Menghindari Error membuat mahasiswa bosan dan ditinggal tidak mengulangi kembali atau yang dianggap sulit dapat menghambat pertumbuhan. Ini adalah, tantangan kalian yang membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan.

 

4.  Kurang Berlatih : 

   - Belajar coding membutuhkan praktik yang konsisten. Hanya membaca atau menonton video apabila mahasiswa tidak mencoba sendiri atau self try akan memberikan pemahaman yang biasa saja.

 

5.  Tidak ingin membaca Forum : 

   - Tidak berinteraksi dengan komunitas programmer atau sesama teman mahasiswa sejawat dapat menghambat pembelajaran kalian. Belajarlah dari orang lain, berkolaborasi, dan minta pemahaman bantuan jika diperlukan.

 

6.  Terlalu Bergantung pada Tutorial yang ada: 

   - Ini sering kali buat kita para mahasiswa yang selalu Bergantung banyak pada tutorial tanpa mencoba memecahkan masalah sendiri atau problem solving dapat menghasilkan ketergantungan dan kurangnya kemandirian dalam menyelesaikan masalah codingan kamu.

7.  Kurang Membaca Dokumentasi Kodingan Orang Lain: 

   - Tidak Membaca dokumentasi bisa menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang tidak diperlukan padahal dokumentasi. Mahasiswa bisa memahami berbagai gaya penulisan kode dan algoritma kode.



8.  Terlalu Fokus pada Satu Bahasa Pemrograman: 

   - Mahasiswa yang menganggap satu Bahasa Pemrograman adalah cukup maka akan Terjebak hanya dalam satu bahasa pemrograman mungkin membatasi wawasan dan teknologi yang akan dipakai. Cobalah untuk memahami konsep pemrograman yang mendasar, sehingga mudah untuk beralih ke bahasa lain jika diperlukan.

10.  Kurang Memahami Konsep Algoritma dan Struktur Data: 

    - Memahami konsep dasar seperti algoritma dan struktur data sangat penting. Apabila mahasiswa Terlalu fokus pada sintaks tanpa memahami dasar-dasar ini dapat menghambat pertumbuhan sebagai seorang programmer.

11.  Tidak Menerima Umpan Balik: 

    - Tidak menerima umpan balik dari sesama programmer atau mentor dapat membuat mahasiswa sulit untuk menganalisa dan memperbaiki kesalahan.

12.  Tidak Mengelola Waktu dengan Baik: 

    - Tidak memiliki rencana belajar yang baik atau tidak mengelola waktu dengan efektif dapat menghambat kemajuan.

 

Mengidentifikasi dan mengatasi kesalahan-kesalahan ini, Mahasiswa dapat membantu mempercepat pembelajaran dan meningkatkan keterampilan sebagai seorang pengembang / programmer.