Beberapa waktu lalu Nadiem Makarim atau yang sering disapa mas mentri memberikan berita heboh di dunia pendidikan. Mendikbud Ristek, mas mentri mengatakan bahwa skripsi, tesis, atau disertasi tidak lagi diwajibkan bagi para mahasiswa. Hal tersebut dikutip dalam seminar Merdeka Belajar Episode 26 oleh Youtube Kemendikbud RI. Nadiem berkata bahwa dengan adanya skripsi dapat menjadi sebuah hambatan untuk pergerakan mahasiswa serta perguruan tinggi yang bertujuan untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Sealin itu beliau juga memaparkan bawasanya tugas akhir bisa berbentuk apapun. Pihak kementrian juga memberikan kemerdekaan untuk masing-masing perguruan tinggi, fakultas hingga program studi untuk memikirkan sendiri bagaimana mereka merancang status kelulusan mahasiswanya. Perlu diingat bahwa alternatif-alternatif tugas akhir sangat tergantung pada kebijakan dan persyaratan program serta institusi pendidikan yang kalian ikuti. Penting untuk berbicara dengan pembimbing akademis atau dosen program kalian untuk memahami pilihan alternatif yang tersedia dan yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Kalian.Adapun beberapa bentuk tugas akhir yang bisa dijadikan pengganti skripsi, tesis, atau disertasi antara lain:

1. Portfolio Kreatif

Jika kalian berada dalam program yang lebih terkait dengan seni, desain, atau kreativitas, Kalian mungkin diminta untuk membuat portofolio karya-karya kreatif sebagai tugas akhir.

2. Studi Kasus

Kalian dapat diminta untuk menganalisis dan mengevaluasi sebuah studi kasus dalam bidang studi Kalian. Ini bisa melibatkan analisis mendalam terhadap situasi nyata atau teoretis.

3. Proyek Terapan

Sebagai pengganti skripsi, Kalian dapat diminta untuk bekerja pada proyek terapan yang relevan dengan bidang studi Kalian. Ini bisa melibatkan pengembangan produk, penelitian lapangan, atau solusi praktis untuk masalah tertentu.

4. Pengembangan Proyek Perangkat Lunak atau Aplikasi

Jika Kalian belajar di bidang ilmu komputer atau teknologi informasi, Kalian mungkin diminta untuk mengembangkan proyek perangkat lunak, aplikasi, atau situs web sebagai tugas akhir.

5. Karya Seni atau Pertunjukan

Bagi mereka yang berada dalam program seni pertunjukan, tugas akhir bisa berupa produksi seni, pertunjukan teater, konser musik, atau pameran seni.

6. Proyek Riset

Selain skripsi, Kalian bisa melakukan proyek riset yang lebih kecil tetapi tetap substansial. Ini bisa berupa penelitian eksperimental atau analisis data yang lebih terfokus.

7. Film Dokumenter

Membuat film dokumenter bisa menjadi alternatif menarik sebagai tugas akhir atau proyek pengganti skripsi, terutama jika Kalian memiliki minat dalam produksi film dan ingin menggabungkan penelitian dengan aspek kreatif.