Dalam pandangan Dosen Kampus Tazkia Bogor, Dina Diana, service terutama service excellent menjadi suatu keharusan bagi setiap penyedia layanan untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan pelanggan, tetapi juga menjadi bagian integral dari kompetensi, harapan pelanggan, keunggulan bersaing, dan tanggung jawab karyawan.

Menurut Dina Diana, konsep service dalam Islam memiliki konsep ibadah di dalamnya yang di mana setiap tindakan pelayanan yang dilakukan dengan baik diharapkan dapat mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Hal ini menegaskan bahwa pelayanan yang baik bukan hanya menjadi kewajiban profesional, tetapi juga merupakan bagian dari prinsip-prinsip agama.

Dalam konteks pelayanan pelanggan, perlu dibedakan antara dua jenis pelanggan, diantaranya internal dan eksternal.

Dalam institusi pendidikan seperti perguruan tinggi, pelanggan utama terdiri dari mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan masyarakat atau pemerintah yang terlibat dalam proses pendidikan.

Komunikasi memainkan peran penting dalam memastikan service excellent. Menurut Diana komunikasi terdiri dari 7% kata-kata, 38% nada suara, dan 55% bahasa tubuh.

Prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam menekankan pentingnya berbicara dengan jelas, benar, sopan, dan informatif, serta menghormati lawan bicara.

Dalam menghadapi keluhan pelanggan, pendekatan yang tepat menjadi kunci untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Langkah-langkah seperti mendengarkan keluhan dengan seksama, meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, menyelesaikan masalah dengan segera, dan mengucapkan terima kasih atas umpan balik yang diberikan, merupakan langkah-langkah yang dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip komunikasi dan pelayanan yang baik, diharapkan setiap penyedia layanan, terutama di sektor pendidikan, dapat meningkatkan kualitas pelayanan mereka dan memberikan pengalaman positif bagi setiap pelanggan.

Hanya dengan menerapkan prinsip-prinsip ini secara konsisten, sebuah organisasi dapat mencapai keunggulan dalam pelayanan pelanggan dan membangun hubungan yang kokoh dengan stakeholder mereka.