Dengan menggunakan pemasaran secara, (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) UMKM dapat memasarkan produk atau jasa tanpa perlu mengeluarkan anggaran pemasaran yang besar dibanding pemasaran secara tradional.

Di era digitalisasi ini, UMKM dengan mudah terhubung dengan pelanggan melalui platform online, meningkatkan peluang penjualan dengan target tertentu, memberikan layanan instan kepada pelanggan, hingga meningkatkan potensi penjualan.

Meskipun demikian, sebagian UMKM masih belum sepenuhnya menguasai teknik pemasaran digital, yang dapat mengurangi efektivitasnya.

Terdapat beberapa kesalahan umum dalam pemasaran digital yang perlu diperhatikan oleh pelaku UMKM, berikut kesalahannya.

1. Kurang Memahami Pasar Sasaran

Bagi pelaku UMKM Penting untuk memahami profil calon pembeli, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, pendapatan, dan gaya hidup.

Dengan memahami potensi sasaran pasar dengan baik, produk atau jasa dapat lebih tepat menyasar dan memenuhi kebutuhan konsumen yang disasarkan.

2. Kurangnya Riset

Sebagian besar pelaku UMKM sering kali mengabaikan riset sebelum melakukan mempromosikan produk atau jasa.

Ada beberapa riset yang diperlukan untuk bisa mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen yang disasar, diantaranya kebutuhan konsumen, pasar sasaran, dan tren pemasaran terkini.

3. Promosi yang Tidak Menarik

Promosi yang tidak menarik, dengan pesan yang datar, konten yang monoton, dan harga yang tidak menarik, akan kesulitan menarik perhatian calon pembeli.

Untuk meningkatkan daya tarik promosi bagi para konsumen, tambahkan unsur visual yang menarik dan sesuaikan konten dengan tren saat ini.

4. Produk yang Sama dengan yang Lainnya

Seringkali ide produk atau jasa muncul dari inspirasi dari beberapa hal termasuk dari orang lain.

Cobalah untuk menggunakan rumus ATM (Amati Tiru Modifikasi) agar terjadi perbedaan produk atau jasa agar konsumen menjadi lebih tertarik

5. Kurang Bersabar

Sebagian besar pelaku UMKM sering kali percaya bahwa dengan menggunakan pemasaran secara digital dapat meningkatkan penjualan secara instan .

Nyatanya kesuksesan dalam bisnis memerlukan waktu dan strategi promosi yang tepat.

Diperlukan usaha dan kesabaran bagi pelaku UMKM untuk membangun kesadaran merek dan minat pembelian dari konsumen.